Sabtu, 22 Juni 2013

Strategi Diet

Sebelum anda diet, saya menyarankan, belajar dulu tentang diet. Apakah diet yang benar itu berorientasi pada hasil secepat-cepatnya atau fokus pada prosesnya.  
Kalau menurut pengalaman saya, diet yang berorientasi pada hasil turun berat badan secepat-cepatnya hanya membuat anda kecewa, karena pasti gagal dan habis uang banyak.
Konsentrasilah pada PROSES DIET nya, belajar dan belajar  terus. Semakin paham anda tentang diet, semakin mudah anda untuk mengontrol segalanya, baik itu kecanduan makan, susah menge-rem kegemaran nyamil / jajan atau bahkan jika anda tidak suka olahraga pun anda akan tergila-gila dengan olahraga. 
"PROSES" tentu butuh waktu. Diet apapun termasuk Diet Herbalife juga butuh waktu. Tapi hasilnya akan sepadan, tidak hanya di waktu pendek (saat anda turun berat badan) tetapi sebagai bekal anda untuk bijaksana tentang makanan yang layak untuk dimakan saat anda mulai berumur. 

Strategi Diet
Saat anda menyadari  bahwa anda butuh diet dan akan take action, apakah yang anda lakukan ?
  1. Bingung ,tanya kesana-kemari - metode diet apa yang akan anda lakukan.
  2. Berpikir bahwa olahraga adalah cara yang terbaik, dan anda akan olahraga dengan semangatnya. Daftar ke Gym, beli ini itu, berlatih dengan "niat tulus ingin langsing". Tapi hanya seminggu karena kecapekan dan berhenti diet. (cara diet dengan olahraga keras hanya membuat anda semakin lapar dan membuat gagal diet adalah opsi terbaik)
  3. Semakin bingung, akhirnya menahan lapar bahkan tidak makan, yang pada akhirnya anda masuk rumah sakit karena dehidrasi.
  4. Tambah bingung, karena apapun sudah dilakukan tapi selalu gagal, akhirnya ambil jalan pintas cari info di internet tentang obat pelangsing. Minum obat pelangsing yang awalnya memang membuat anda bahagia karena anda langsing. Tetapi tidak berlangsung lama, begitu anda berhenti minum pelangsing, berhenti pula langsing anda. Nafsu makan akan semakin meningkat dan anda tidak bisa mengendalikannya. Dalam hitungan minggu anda akan lebih gemuk dari sebelumnya.
  5. Luar biasa bingung, akhrinya = TIDAK DIET DIET AN AH ... biarkan tubuh seperti ini. Bagi yang sudah punya suami - sudah laku saja lho - biarkan saja deh. Bagi remaja putri - biarlah aku apa adanya, kalau mau ya syukur kalau gak ya gak papa, dunia masih luas, masih banyak cowok diluar sana.
  6. Pasrah !

Tahukan anda, bahwa sebenarnya ...strategi diet ...
Sebelum diet yang harus dilakukan adalah : DUDUK dan BERPIKIR ! Di internet banyak informasi yang benar dan salah, anda harus benar-benar memililah dan pandai-pandai mencari review tentang berhasil dan tidaknya diet dengan metode tersebut.
 Semua diet yang benar dan alami - SELALU BUTUH PERJUANGAN. Berjuang dalam hal apa?
Berjuang dalam MENGUBAH POLA HIDUP ANDA. Diet yang benar berarti makan yang benar, cara makan yang benar dan memilih makanan yang benar untuk diri anda. Diet yang benar tetap butuh proses untuk  mencapai langsing yang anda inginkan, tetapi hasilnya lebih permanen.

Turun berat badan cepat, hanya membuat berat badan turun cepat, tetapi TIDAK dengan MENTAL anda. Yang harus dibetulkan itu mentalnya. Cara pandang anda tentang makanan dan sebagainya. Jika semuanya sudah benar, turun berat badan i ...strategi diet ...
Hal paling mendasar turun berat badan yang sukses dan SEHAT (saya tekankan lagi SEHAT!)  hanya dengan mengkombinasinya antara pengaturan jumlah kalori yang anda makan serta olahraga yang anda lakukan. Klik Link ini - silahkan dilihat - ingin kurus ya harus kerja keras - Jangan melihat hanya hasil akhirnya tetapi TIDAK MAU PROSESNYA
Untuk sukses mempertahankan berat badan yang sudah anda turunkan dengan kata lain permanen turun berat badan itu juga perkara mudah. Anda harus MENGUBAH TOTAL GAYA HIDUP anda, dari kebiasaan dan aktifitas harian anda. Semua harus dirubah.
 Diet yang benar akan mengajari anda baik langsung maupun tidak langsung, pola makan yang sehat. Makan yang sehat membuat anda tidak mudah sakit, serta anda akan fit untuk setiap aktifitas yang anda lakukan.
Bagaimana merubah kebiasaan sehat ini menjadi Kebiasaan yang Permanen yang sehat yang menjadi pola hidup sehat anda?  Berikut adalah 6 dasar strategi untuk sukses turun berat badan


1. BUAT KOMITMEN

Turun berat badan secara permanen (yang hilang dari tubuh anda benar-benar jaringan lemak, bukan kadar air) membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang keras. Hal ini benar-benar membutuhkan komitmen dari anda sendiri. Yakinkan diri anda bahwa anda MAU untuk berubah. Untuk tetap bertahan dengan komitmen anda tentu anda butuh fokus pada goal anda (Sehat & Bahagia). Hal ini butuh mental dan energi fisik yang besar untuk merubah kebiasaan lama anda.
Untuk itu anda harus menulis dan merencanakan segala sesuatu yang membuat rencana anda berantakan.
Merubah gaya hidup sehat itu susah karena banyak tekanan dari pihak lain. Saya ambil contoh :
  • Berani Membuang Uang Anda Lebih Banyak. Jangan dikira hidup sehat itu murah. Hidup sehat lebih mahal dari kebiasaan anda makan dan jajan diluar. Pengeluaran pasti lebih besar , tapi juga tidak sebesar yang anda perkirakan. Tapi ini adalah investasi jangka panjang. Semakin baik kualitas yang anda makan, kemungkinan anda sakit semakin kecil. Sebaliknya semakin ngawur anda makan (kambing, sea food, bebek atau makanan yang belemak - contoh makanan tidak sehat) semakin besar anda terkena penyakit kardiovascular ( Stroke atau jantung ). Dan ini tidak terlihat gejalanya sampai di umur sekitar 40 tahunan. Dan biasanya sudah lumayan parah. Biaya pengobatan bila dibandingkan dengan  biaya upaya sehat anda akan jauh lebih besar. Bahkan sangat besar.
  • Berani berkata tidak jika diajak makan-makan besar terutama makan malam (terutama ajakan teman)
  • Berani melakukan apapun untuk merubah kebiasaan makan, dari makanan berlemak yang enak dan gurih, menjadi sering makan sayur dan buah.  ...strategi diet ...
Setelah anda menulis segala sesuatunya dan anda sudah memikirkan cara menghadapinya. Maka mulailah kebiasaan hidup sehat anda. Dimulai dari SEKARANG. Bukan besok, bukan lusa, Sekarang !
2. Temukan Motivasi dalam diri anda
Tidak ada seorangpun yang mampu menggerakkan anda untuk menurunkan turun berat badan. Banyak kasus dimana baik pria maupun wanita sudah sangat keras kepalanya, disuruh diet itu susah padahal segala keluhan kesehatan sudah didapat, tetapi tetap tidak mau diet.  Bahkan orang terdekatnya pun baik suami/istri/anak/orang tua sudah memberikan semangat bahkan uang tetapi tetap tidak mau diet.
Mungkin anda salah satu dari tipe orang semacam ini. Untuk diet kenyataannya memang TIDAK BISA DIPAKSA. Diet adalah kesadaran dari dalam diri seseorang untuk MAU dan Berkomitmen untuk melakukan diet.Anda harus menanyakan pada diri sendiri, apa saja alasan yang mendasari anda untuk melakukan diet.  Meskipun anda dibayar jutaan, jika dari dasarnya anda memang tidak ingin sehat dan cuek dengan kesehatan anda sendiri, maka hal ini adalah percuma. ...strategi diet ...
Bergaullah dengan orang - orang yang sudah menjalani hidup sehat. Contoh dan pelajari caranya. Jangan malu. Hidup sehat tidak perlu malu. Anda pesan di restoran tidak perlu malu pesan air putih. Air putih itu murah dan paling sehat diantara segala minuman yang bergula dan enak. Jika anda sudah berkumpul dengan mereka yang menjalani hidup sehat, anda akan terpacu untuk menjadi lebih baik dibanding saat sekarang.  Artis - artis yang kaya raya ternyata juga banyak yang vegetarian lho [klik link ini]
3. Tentukan Tujuan Diet yang Realistis 
Sepertinya mudah untuk menentukan berapa berat badan yang anda inginkan. Tetapi berapa kg yang realistis ?
Untuk hasil turun berat badan permanen atau tidak mudah naik berat badan dalam jangka panjang, paling baik untuk turun berat badan adalah 1/2 kg atau 1 kg setiap minggu. Untuk turun 1/2 kg anda harus membakar 3500 kalori . Sehingga setiap hari (selama seminggu) anda harus membakar 500 kalori. Bila anda biasanya makan 2000 kalori sehari, yang 500 kalori harus anda bakar dalam bentuk aktifitas atau olahraga. Atau kalau dengan diet saja (porsi olahraga kecil) , anda harus membatasi hanya 1500 kalori saja selama sehari.
 ...strategi diet ...Membakar kalori dengan olahraga diusahakan yang bisa anda nikmati dan tidak membuat capek. Yang paling penting adalah rutinitas. Silahkan anda coba setiap pagi jalan kaki selama 30 menit saja. Makanan tentu dipilih yang sehat. Dan silahkan dilihat 1 bulan ke depan.
Angka turun berat badan juga harus realistis. Paling aman bagi tubuh adalah turun 4-5 kg /bulan. Jika anda  menerapkan pola hidup sehat, hasil nyata bisa anda nikmati 3 bulan kemudian. Ingat hidup sehat selama 3 bulan, tetapi hasil yang anda dapat lebih tahan lama. Anda juga akan terbiasa hidup sehat dengan memilih makanan yang sehat serta melakukan aktifitas yang sehat. Hal inilah yang bisa menjaga berat badan anda yang sudah langsing bisa bertahan sampai tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar